EDUCATION FOR ALL SEKOLAH INKLUSIF KOTA SINGKAWANG 2022

 


Teacher Journalist by Alkindi

News Time Singkawang Hebat - Nilai penting pendidikan inklusif adalah terciptanya pembelajaran yang ramah bagi semua peserta didik, baik reguler maupun anak berkebutuhan khusus menurut Ketua IGI Kota Singkawang (Alkindi). Sekolah tidak membeda-bedakan peserta didik, semua siswa berhak mendapatkan pelayanan pendidikan yang sama dan adil serta merata. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

Sejalan dengan kegiatan Launching Maklumat Janji Perbaikan Pelayanan Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kota Singkawang maka di harapkan kedepannya hal ini dapat meningkatkan pelayanan yang maksimal dalam perbaikan-perbaikan dari segi proses, kegiatan dan pembinaan peserta didik.

Dalam kegiatan Launching Maklumat Janji Perbaikan Pelayanan dan Penyerahan Rekomendasi Perbaikan Pelayanan Pendidikan Inklusif Kota Singkawang, Kadisdikbud Kota Singkawang (H. Asmadi, S.Pd M.Si) menerangkan seputar pendidikan Inklusif di Kota Singkawang yang masih perlu ditanggani dan dituntaskan serta merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Selanjutnya menyebutkan FoRberani- PKBI Usaid Madani telah melaksanakan amanat undang undang yang mengatur hak hak pendidikan warga masyarakat yang mana telah di amantkan pada Undang Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 menyebutkan setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini sejalan dengan Undang Undang nomor nomor 20 tahun 2003. Menurutnya, anak didik berkebutuhan khusus adalah merupakan isu pendikan yang harus dituntaskan disamping isu gender. Juga upaya peningkatan Indek Pembangunan Manusia di Kota Singkawang, ucap Asmadi. 

Pada kesempatan ini ada sebanyak empat sekolah sasaran yang di jadikansebagai populasi dan sampel survey dalam menghasilkan maklumat janji perbaikan pelayanan pendidikan inklusif. Sekolah sekolah tersebut adalah, SDN 27 Singkawang, SDN 42 Singkawang, SMPN 5 Singkawang dan SMPN 6 Singkawang. Dari keempat sekolah tersebut diharapkan kedepannya dapat meningkatkan pelayanan dalam pembelajaran terutama anak berkebutuhan khusus dan hal ini juga wajib menjadi prioritas utama dari  pemerintah, menghasilkan hal hal positif sebagai solusi isu tematik pelayanan publik termasuk pelayanan pendidikan Inklusif di Kota Singkawang.

Sebagai mandat yang telah diberikan Usaid Madani kepada kami, Ketua PKBI Kota Singkawang Nova Wijaya, S.Sos M.Si selaku mitra utama Usaid Madani menerangkanadalah bagaimana bisa meningkatkan legalitas OMS dalam kapasitasnya. Kemudian lanjut berkontribusi mendorong kebijakan publik. Sehingga memposisikan OMS sebagai lembaga atau organisasi yang menjadi mitra pemerintah untuk bersama sama membangun daerah. Jadi bukan sebagai organisasi yang merongrong, mengkritik, tanpa adanya solusi.

Sekda Kota Singkawang Soemastro menegaskan dalam sambutannya pada pembukaan Launching Maklumat Janji dan Penyerahan Rekomendasi Perbaikan Pelayanan Pendidikan Inklusif,  FoRberani telah memilih isu pendidikan inklusif,  dari instrumen  dan langkah-langkah yang telah kita sangat baik dalam pencapaiannya, ucapnya, apabila diperlukan adanya anggaran diharapkan dapat didiskusikan kembali bersama-sama terkait hal tersebut. Selanjutnya disatu sisi Soemastro tidak menjamin untuk seratus persen dapat memenuhi. Karena menurutnya, pada saat ini merupakan masanya pemulihan ekonomi daerah serta berikutnya pada tahun 2023 sudah memasuki tahapan pemilu dan berbagai macam bentuk penyelenggaraan daerah yang harus di selesaikan.

 

Sekda Kota Singkawang (Drs. H. Sumastro, M.Si.) Menandatangani
Maklumat Janji Perbaikan  Pelayanan Sekolah Penyelenggara
Pendidikan Inklusif Kota Singkawang


 

Kadisdikbud Kota Singkawang (H. Asmadi, S.Pd., M.Si) Menandatangani
Maklumat Janji Perbaikan  Pelayanan Sekolah Penyelenggara
Pendidikan Inklusif Kota Singkawang



Education For All SD Negeri 27 Singkawang



Education For All SD Negeri 42 Singkawang


Education For All SMP Negeri 5 Singkawang


Education For All SMP Negeri 6 Singkawang


Fhoto Bersama Peserta Education For All
Singkawang Hebat


Testimoni Education For All




Bergerak serentak 

Mewujudkan SDM Unggul 

Singkawang Hebat

Post a Comment

0 Comments