VIDEO PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL


 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan setiap detik teknologi baru bermunculan dengan keunggulan  dan kelebihan yang berbeda satu sama lain  dan menutupi kekurangan yang ada.  

Hal ini mengakibatkan pengaruh dan berkembangnya era teknologi dalam pendidikan sehingga menuntut guru beserta peserta didik untuk lebih aktif dalam mengikuti perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi ,tentunya dengan adanya internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang dapat memotivasi serta menginspirasi dalam menghasilkan kreasi serta informasi yang bermanfaat bagi pembelajaran di sekolah. 

Adapun dampak atau pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan membawa dampak positif dengan  berkembangnya teknologi informasi dunia  pendidikan  mulai memperlihatkan perubahan yang signifikan walaupun dibalik kelebihan pasti mempunyai kelemahan. Kenyataan ini dapat kita lihat dari ketergantungan masyarakat terhadap teknologi yang dimana pada saat ini seorang pelajar sudah jarang membawa buku di setiap aktifitas belajarnya melainkan persentasi pelajar hamper lebih besar rujukannya adalah internet (ebook). 

Pengaruh positif  teknologi di bidang pendidikan dapat membantu proses pendidikan itu sendiri,yakni lebih cepat dan mudah diakses.Dengan adanya virtual kelas,yang dimana sangat memudahkan para pelajar  untuk saling berkomunikasi dengan guru dengan menggunakan sistem tanpa bertatap (face to face).

Dengan kata lain pembelajaran di era digital merupakan aktifvitas atau kegiatan pembelajaran yang menggunakan peranan  internet atau teknologi digital baik itu dalam hal persiapan,pelaksanaan,penilaian pembelajaran,yang dilaksanaakan oleh peserta didik,guru,dan orang tua peserta didik.Tetapi tidak dipungkiri bahwa pembelajaran tatap muka juga penting bagi guru dan peserta didik untuk melakukan konfirmasi terhadap kemampuan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.Salah satu model pembelajaran digital yang pada dasarnya dapat dilakukan secara live atau recording adalah E-learning.

 E-learning merupakan singkatan dari electronic learning, yaitu proses pembelajaran yang menggunakan media elektronik khususnya internet. Dimana sistem pembelajaran ini tidak menitikberatkan pada pertemuan tatap muka langsung antara peserta didik dan guru, melainkan melalui proses digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Yang saya ingin terapkan dikelas saya yaitu pembelajaran Asynchronous E-Learning, dimana pembelajaran online yang bebas dilakukan kapan saja karna tidak mengharuskan guru dan peserta didik online Bersama, yakni didalam bentuk video pembelajaran. Sehingga memungkinkan media pembelajaran menjadi lebih variative serta penyampaian materi lebih maksimal karna tinggal disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. 

Bagi perserta didik beragamnya media pembelajaran tentu lebih bermanfaat. Selain tidak membuat jenuh dan bosan, materi menjadi lebih mudah dipahami, karena dengan teknologi yang membuat materi lebih interaktif, riil, dan visualnya menarik. Untuk pembelajaran model ini bersifat pause dan resume. Jadi proses belajar bisa dihentikan dan dilanjutkan sesuai kebutuhan perserta didik. Tentu, ini memudahkan perserta didik dalam mengtur ritme belajar sehingga benar-benar belajar Ketika sudah siap. 

Begitu pentingnya peranan teknologi dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga perserta didik dapat melihat atau memutar video berulang-ulang sampai mereka memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Adapun manfaat yang akan kita peroleh dengan pembelajaran menggunakan video pembelajaran diantaranya;

1.  Peserta didik mampu untuk belajar secara mandiri, yang tentunya sistem pembelajaran ini mampu untuk mendorong keaktipan peserta didik Ketika sedang belajar dikelas, dimana peserta didik menjadi lebih cepat untuk membangun pola pikirnya dari apa yang sedang dilihatnya.

2. Peserta didik mampu untuk membangun pola piker yang kritis sehingga akan memicu beribu pengertian akan apa yang didapatnya dari sebuah video pembelajaran.

Hal ini merupakan sesuatu yang sangat baik bagi dunia Pendidikan di Indonesia, yakni dapat membuka kembali harapan bagi bangsa ini agar nantinya dapat menghasilkan peserta didik yang akan membuat bangsa ini semakin mudah bersaing diera global ini. Tentunya sebagai guru video pembelajaran dapat memudahkan guru dalam hal penyampaian materi, yang biasanya ada beberapa materi yang tidak dapat dijelaskan dengan mudah maka saat ini sudah dapat teratasi. 

Kondisi kelas ditempat saya mengajar secara umum sudah memadai, dimana terdapat papan tulis,peta, alat peraga, kit IPA  yang mendukung didalam proses pembelajaran. Namun, untuk pembelajaran diera digital masih belum mendukung, diman diperlukan alat-alat elektronik yang merupakan hal penting dalam penyampaian materi pelajaran diera digital ini. 

Didalam pembelajaran digital diperlukan juga prasarana yang dapat mendukung pembelajaran seperti jaringan wifi yang dapat mendukung anak-anak ketika hendak menggunakan jaringan internet. Ini dikarenakan  kelas yang saya ampu berada ditingkat atas sehingga sinyal wifi tidak sampai disana. Sehingga untuk kegiatan yang menggunakan jaringan internet harus menggunakan kuota internet sendiri yang pemakaiannya terbatas dan juga memberatkan  peserta didik karena harus memiliki kuota pribadi dalam melakukan kegiatan tersebut. Adapun jaringan wifi adalah singkatan dari wireless fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Sedangkan kuota adalah batasan penggunaan internet pada waktu tertentu.

Untuk menjadikan kelas yang inovatif dalam melaksanakan pembelajaran diera digital tentunya memerlukan sarana dan prasarana yang dapat mendukung agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik diantaranya alat peralatan ini dapat memberikan peserta didik pengalaman konkrit, motivasi belajar, serta memudahkan para peserta didik untuk menyerap ilmu-ilmu yang diajarkan. Inilah yang dimaksud dengan media pembelajaran. Media pembelajaran (Suraya, 2012) yaitu alat yang mampu membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Adapun yang diperlukan diruang kelas berupa media visual diam seperti OHP dan media audio visual seperti lettop, serta jaringan wifi dan speaker. Sehingga dalam menyajikan video pembelajaran didalam kelas anak-anak dapat melihat dan mendengarkan materi pelajaran yang tersaji didalam video pembelajaran dengan jelas. Media pembelajaran ini sangat diperlukan didalam kelas sehingga materi yang akan disajikan kepada peserta didik dapat dipahami peserta didik dengan lebih mudah, menarik minat peserta didik didalam belajar yang nantinya akan meningkatkan pemahaman peserta didik akan materi pelajaran serta meningkatkan hasil belajar persrta didik.

Harapan saya sebagai guru kelas dalam menyajikan kelas yang saya ampu dapat menjadi kelas yang inovatif dalam melaksanakan pembelajaran diera digital ini segera terwujud dengan dilengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran yang dapat menarik peserta didik didalam belajar, memotifasi peserta didik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman pesrseta didik dan meningkatkan hasil belajarnya serta tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran akan tercapai. Tentunya dengan sarana dan prasarana yang tersedia di dalam kelas  sehingga ketika hendak melaksanakan pembelajaran didalam kelas sarana dan prasarana sudah tersedia dan tidak perlu lagi mengambil sarana tersebut dari ruang guru atau ruang TU. Dengan demikian pembelajaran dikelas setiap hari dapat terlaksana dengan baik tanpa harus banyak melakukan persiapan dimana waktu dan tenaga tidak terbuang sia-sia hanya untuk mempersiapkan pembejaran dikelas. Peran dan strategi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan untuk meningkatkan budaya pembelajran di era digital disekolah adalah dengan melakukan beberapa cara, antara lain:

1.    Kompetensi guru  harus ditingkatkan.

2.    Melengkapi sarana dan prasarana disekolah.

3.    Metode pembelajaran digital harus mulai diterapkan.

4.    Seluruh sistem yang ada disekolah perlahan tapi pasti harus terdigitalisasi.

Meskipun tidak mudah, tapi institusi Pendidikan mau tidak mau harus segera menerapkan pembelajaran digital.berikut beberapa perencanaan yang dapat dijalankan antara lain:

1.    Memberikan perharian mengenai digital.

2.    Melengkapi media pembelajaran.

3.    Menjalankan e-learning.

    Adapun kontribusi yang ingin saya berikan sebagai guru, untuk meningkatkan budaya pembelajaran diera digital disekolah adalah sebagai guru saya harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif yang mampu membuat peserta didik aktif dan berpikir kritis, menjadi inspirasi para peserta didik serta mampu beradaptasi dengan masyarakat teknologi didalam mempersiapkan anak-anak bangsa untuk menghadapi masa depan yang semakin kompetitif.

                                                                         Penulis

Lismery Simanjuntak, S.Pd.
Guru Kelas Tinggi (IVB)

Post a Comment

0 Comments