IGI KOTA SINGKAWANG MENGAPRESIASI LOMBA CERDAS CERMAT WAWASAN KEBANGSAAN DALAM TRANSFORMASI DIGITAL

 

Kegiatan Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat SD, SMP, SMA, SMK, Bersama Ibu Walikota Singkawang (Tjhai Chui  Mie, S.E, M.H), Ketua DPRD Kota Singkawang (Sujianto), Kapolres Singkawang (AKBP Prasetiyo Adhi  WibowoB, S.IK., M.H),  Dandim 1202 Singkawang, (LETKOL INF. Condro Edi Wibowo, S.SOS., M.HAN),  Kadisdikbud Kota Singkawang (H. Asmadi, S.Pd., M.Si), Kepsek SMKN 1 Singkawang (H. Aprizal, M.Pd), Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang (Helmi Fauzi. SH), Ketua PGRI Kota Singkawang (Drs. Asep Wahyudin,M.Pd) dan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang (Alkindi, S.Pd).

Teacher Journalis by Alkindi

Lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang sangat maju dalam perkembangan artificial intellegency pembelajaran abad 21. Menurut Alkindi, seiring dengan perkembangan zaman yang begitu maju dan terus menerus berkembang setiap saat maka kita sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan harus cepat menyesuaikan arus transformasi digital. Hal ini di maksudkan untuk mempermudah segala macam pekerjaan, aktifitas maupun tujuan yang akan di hasilkan. Diharapkan juga dengan lomba cerdas cermat berwawasan kebangsaan dapat kiranya menanamkan nilai- nilai kebangsaan dan pancasila yang menjadikan insan-insan siswa sebagai penerus perjuangan bangsa ini.   

Sambutan Kadisdikbud Kota Singkawang 
(H. Asmadi, S.Pd., M.Pd)


Kadisdikbud Kota Singkawang (H.Asmadi, S.Pd., M.Si) dalam sambutannya menyampaikan bahwa  penyelenggaraan ini adalah kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang bersama Polres Singkawang Tahun 2022 dalam rangka Hut Bhayangkara ke-76 dengan tema wawasan kebangsaan. 

Lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan yang dilaksanakan ini tentunnya sangat diharapkan dapat sejalan dengan kurikulum profil pelajaran pancasila. Profil Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif.

"Peserta lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan adalah tingkat SD SMP SMA SMK Kota Singkawang, yang merupakan perwakilan dari 5 kecamatan di Kota Singkawang. Adapun dalam percepatan transformasi digital artificial intellegency menggunakan aplikasi cerdas cermat quiziz yang sangat mempermudah siswa dalam menjawab dan penggunaan digital secara efisien.

"Terimakasih kepada panitia dari polres singkawang, dari kominfo dan para peserta lomba cerdas cermat, selanjutnya kami mohon arahan dari ibu walikota sekaligus membuka secara resmi lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini".

Kapolres Singkawang 
(AKBP Prasetiyo Adhi  WibowoB, S.IK., M.H)


Sementara itu Kapolres Singkawang melalui Kasihumas Iptu M. Mauluddin Menyampaikan, bahwa salah satu tujuan dari dilaksanakannya kegiatan lomba ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan ke anak-anak kita sebagai penerus bangsa terhadap cinta tanah air dan negara. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa memupuk dan meningkatkan semangat nasionalisme kepada anak-anak kita untuk semakin mencintai Republik Indonesia," pungkasnya.

Walikota Singkawang 
Tjhai Chui Mie, SE., MH


Dalam sambutannya Walikota Singkawang  memberikan apresiasi kepada Kapolres yang telah membuat acara cerdas cermat wawasan kebangsaan ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 tanggal 25 Juni Tahun 2022 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang. Ini adalah langkah nyata dalam mempererat hubungan kinerja antara lembaga dan instansi serta di harapkan kedepannya lembaga dan instansi lainnya bisa saling berkolaborasi dalam menciptakan dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dengan lomba cerdas cermat wawasan kebangssan ini tentunya terbentuknya anak - anak sekolah dalam membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Selanjutnya ini merupakan uji coba aplikasi cerdas cermat se kalimantan barat, nanti kita coba di Hut RI menggunakan aplikasi ini," terang Tjhai Chui Mie. 

Adapun hadiah dan penghargaan yang diberika akan ditambahkan sesuai dengan anggaran yang ada. Saya rasa siswa-siswi sudah belajar dan bisa menjawab soal cerdas cermat wawasan kebangsaan dengan menggunakan sistem aplikasi quiziz " imbuh Tjhai Chui Mie.

"Dengan mengucapkan puji syukur lomba cerdas cermat dalam rangka Hari Bhayangkara Ke 76 pada hari ini Sabtu 25 Juni 2022 secara resmi saya buka, selamat berlomba, tetap sportifitas dan menjujung nilai-nilai kejujuran" terangnya.

Fhoto bersama Kadisdikbud Kota Singkawang, Kapolres Kota Singkawang, 
Dewan Pendidikan Kota Singkawang dan Juara Lomba Cerdas Cermat 
Wawasan Kebangsaan Profil Pancasila

"Bergerak serentak 

Mewujudkan SDM Unggul 

Singkawang Hebat"


















Post a Comment

0 Comments