WORKSHOP ONLINE 1 " SINERGI KOMUNITAS BELAJAR KOTA SINGKAWANG DALAM PERCEPATAN TRANSFORMASI PMM DAN IKM 2022"

 



Journalis Teacher by Alkindi

Percepatan Transformasi digital dalam pembelajaran abad 21 harus memiliki skill dan SDM yang wajid di bangun dari sedini mungkin. Seorang guru mau tidak mau, suka tidak suka wajib mempelajari pembelajaran digital berbasis Host, menurut Bapak Dr. Wasimin, Kepala Balai Guru Penggerak Kalimantan Barat tahun 2022. Selanjutnya penguasaan skill keterampilan 4 C harus terus diasag dan di tingkatkan untuk meningkatkan kualitas mutu profesional guru.

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dalam pembelajaran abad 21 harus sesuai dengan empat kompetensi yang harus dimiliki siswa. 

Kegiatan ini terlaksana dengan prinsip sinergi komunitas belajar kota singkawang yang bersama- sama ingin memajukan pendidikan di Kota Singkawang, saling menjalin hubungan kekerabatan didalam pekerjaan dan menumbuhkan toleransi antara komunitas belajar dan organisasi guru di Kota Singkawang.

Beberapa komunitas belajar di Kota Singkawang yang sudah mendaftar dan lulus serta bergabung di platform merdeka mengajar antara lain:
1. Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang
2. JSDI ( Jaringan Sekolah Digital Indonesia) Kota Singkawang
3. GERNASTASTAKA (Gerakan Nasional Pemberantas Buta Hurufb dan Matematika)
4. PTIC (Perkumpulan teacherprenuer Indonesia Cerdas) Kota Singkawang
5. STEKOM (Sekolah Tinggi Sains dan Teknik komputer) Jawa Tengah

Narasumber dalam kegiatan Workshop ini adalah bapak Arie Tiyawarman, S.Pd yang merupakan Ketua PTIC Kota Singkawang dan sekaligus teacher trainer digital canva dan kinemaster Kota Singkawang. Selanjutnya narasumber ke-2 Ibu Yunda Rismawati, S.Pd merupakan Duta Rumah Belajar Nasional 2019 dan teacher trainer digital Rumah Belajar Kota Singkawang. Materi yang diangkat adalah mengenai pemanfaatan platform merdeka mengajar dan Akun belajar.id / sosialisasi pembaTIK dan STEM. 

Sasaran kegiatan adalah semua guru yang ada di Kota Singkawang di seluruh Indonesia ytang memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar. Adapun Tujuan kegiatan workshop ini membantu percepatan transformasi digiotal yang di canangkan pemerintah secara adil dan merata dari sabang sampai merauke.








#PusdatinKemendikbudristek
#Merdekabelajar
#PembaTIK2022
#DutateknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK

Post a Comment

0 Comments