PODCAST "SERIES 2" PEMBATIK LEVEL 4 " RUMAH BELAJAR ITU APA SIH?

 


 Journalist Teacher by Alkindi

RUMAH BELAJAR merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

kemdikbud.go.id, portal Rumah Belajar menyediakan fitur-fitur utama dan pendukung. Disamping itu, Rumah Belajar juga terhubung dengan link-link seperti tv Edukasi, suara Edukasi, Radio Edukasi, tv Edukasi video on demand (VoD), Anugerah KiHajar, Klinik Konsultasi Pembelajaran, M-edukasi, SMA Terbuka dan Klub Pompi.

Adapun manfaat rumah belajar adalah sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi: antar individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain rumah belajar.

Aplikasi yang dibuat oleh Kemdikbud ini termasuk salah satu aplikasi gratis yang tidak kalah lengkap dengan pengajaran berbayar. Di dalamnya terdapat materi semua jenjang beserta fitur-fitur menarik yang disediakan. Ada bank soal, kelas digital, laboratorium maya, dan masih banyak lagi.

Semua guru bisa mengakses portal Rumah Belajar secara gratis di HP. Setelah membuka playstorte maka bisa mengupload portal Rumah Belajar dengan menggunakan akun belajar.id guru masing-masing. Akun belajar.id ini sangat bermanfaat untuk mendaftar di semua platform Rumah Belar dan juga Platform Merdeka Mengajar.

Selain guru, siswa juga dapat mengakses portal Rumah belajar dengan mengaktifkan akun belajar.id siswa. Kegunaan selain untuk mengakses portal Rumah belajar maka siswa juga bisa mendaftar untuk mengikuti kegiatan STEAM. (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematic).Tujuan pembelajaran berbasis STEAM adalah agar pemahaman dan pengetahuan peserta didik mengenai science, technology, engineering, art, dan mathematics dapat meningkat, sehingga pemahaman tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dan membuat suatu keputusan untuk kemajuan manusia.

#PusdatinKemendikbudristek #Merdekabelajar #PembaTIK2022 #DutateknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022 #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK


Post a Comment

0 Comments