PENERAPAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SD NEGERI 23 SINGKAWANG

 



Harijah, S.Pd.
Kelas Tinggi (4C)

Pembelajaran Era Digital tidak lepas dari alat dan media digital selama proses pembelajaran. Menjelajahi penggunaan teknologi digital memberi para pendidik kesempatan untuk merancang kegiatan belajar yang lebih menarik dalam pembelajaran yang akan diajarkan, yang mana pembelajaran bisa dilakukan dengan cara tatap muka langsung atau secara online.

Berikut adalah pengertian pembelajaran digital menurut para ahli. Menurut Williams (1999), pembelajaran digital dapat dirumuskan sebagai ‘a large collection of computers in networks that are tied together so that many user can share their vast resources’. Pengertian pembelajaran digital yang dimaksud Wiliam tersebut adalah meliputi aspek perangkat keras (infrastruktur) berupa seperangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data, baik berupa teks, pesan, grafis, video maupun audio.  Dengan kemampuan ini maka pembelajaran digital dapat diartikan sebagai suatu jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya ke seluruh penjuru dunia (Kitao,1998). Namun demikian, pengertian pembelajaran digital bukan hanya berkaitan dengan perangkat keras saja, melainkan juga mencakup perangkat lunak berupa data yang dikirim dan disimpan yang sewaktu-waktu dapat diakses. 

Mengingat perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat. Dunia pendidikan harus bisa mengikuti percepatan yang saat ini terjadi. Sekolah dan perguruan tinggi harus bisa segera bertransformasi supaya tetap relevan degan revolusi industry. Program pendidikan pembelajaran era digital harus segera diterapkan agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Jadi penerapan pembelajaran era digital sangat penting diterapkan di dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah SD Negeri 23 Singkawang. Oleh karena itu, dalam intitusi pendidikan harus segera menerapkan metode pembelajaran secara digital agar lebih efisien dengan begitu, peserta didik juga akan terdorong untuk lebih melek digital. Sehingga proses pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan.

Saat ini di SD Negeri 23 Singkawang masih ada beberapa kendala dalam penerapan pembelajaran digital, yang mana masih ada beberapa tenaga pendidik yang kesulitan untuk menerapkan pembelajaran digital dikarenakan masih kurang memahami kemajuan teknologi yang berkembang saat ini, khususnya untuk pengoperasian komputer. Kondisi tersebut mungkin dapat membuat metode dan penerapan pembelajaran digital tidak terlakasana dengan maksimal. Sehingga perlu dilaksanakanya pelatihan – pelatihan bagi para pendidik agar lebih menguasai apa itu pembelajaran digital, sehingga penerapan pembelajran digital akan lebih mudah di SD Negeri 23 Singkawang.

Meski tidak mudah, tapi mau tidak mau, sekolah harus segara menerapkan pembelajaran digital. Beberapa kebutuhan yang mendasar dan masih jauh dari harapan untuk menjadikan kelas yang inovatif dalam melaksanakan pembelajaran di era digital adalah :

1.      Kompetensi guru,

2.      Sarana dan prasarana di sekolah,

3.      Metode pembelajaran digital harus segera diterapkan, dan

4.      Seluruh system di sekolah harus terdigitalisasi.

Dalam penerapan pembelajaran digital, saya berharap guru perlu mendapat pelatihan tentang pembelajaran digital, pelatihan meliputi penguasaan aplikasi penunjang, penggunaan media ajar, memaksimalkan fungsi internet. Disamping itu, sekolah juga diharapkan dapat melengkapi sarana dan prasarana pada setiap kelas, agar lebih memudahkan guru untuk dapat menerapkan pembelajaran di era digital. Dan juga saya berharap suatu saat seluruh system di sekolah sudah terdigitalisasi. Semua guru dapat menerapkan metode pembelajaran digital dengan baik dan bisa bekerjasama satu sama lain. Pembelajaran akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, siswa juga akan semakin bersemangat untuk menerima pembelajaran setiap harinya.

Kondisi ideal yang diharapkan, semoga kedepannya sekolah sudah siap segala sarana dan prasarana, semua guru dapat berkerja sama dengan baik, dapat menerapkan metode pembelajaran digital semaksimal mungkin, setiap kelas sudah dilengkapi media yang mendukung, koneksi internet di setiap sudut ruangan sekolah lancar, sehingga memudahkan guru untuk mengakses dan membuat media pembelajaran berbasis pembelajaran digital. Semoga seluruh system di sekolah nantinya akan terdigitalisasi dan dapat mempermudah pendidik untuk menerapkan proses pembelajaran dengan metode digital. Sehingga semua warga sekolah akan merasakan manfaat dari era digitalisasi. Peserta didik akan lebih bersemangat dalam menerima pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas ( online ).

Pada saat sekarang ini, beberapa hal sudah dilakukan dalam penerapan  pembelajaran digital, apalagi ketika pandemi covid-19 beberapa waktu lalu mengharuskan saya untuk lebih berfikir kreatif guna menyampaikan pembelajaran kepada siswa, pasalnya siswa waktu itu belajar secara online sehingga sulit bagi mereka untuk memahami pembelajaran jika tidak dijelaskan terlebih dahulu, hal ini membuat saya berfikir untuk membuat video pembelajaran dan video tersebut saya kirim melalu wa group kelas yang sudah saya bentuk sebelumnya. Hanya dengan mengirimkan beberapa video dan mengarahkan siswa secara online melalu wa group kelas. Hal itu yang biasa saya lakukan pada waktu siswa belajaran online di masa pandemi covid-19 beberapa waktu lalu. Sampai saat ini saya masih berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dalam penerapan pembelajaran dengan metode digital. Saya akan membuat video pembelajaran di setiap tema pembelajaran sehingga hal tersebut akan menarik minat peserta didik dalam menerima pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar di sekolah akan terasa hidup dan lebih namenyenangkan, terlebih lagi nantinya video tersebut akan dibagikan pada group kelas, sehingga peserta didik lebih mudah belajar kapan pun dan dimanapun.

Tidak banyak hal yang dapat saya lakukan, tapi sebisa mungkin saya akan memberi kontribusi terhadap sekolah berupa pemikiran dan tenaga. Sekarang yang akan saya lakukan adalah membuat media pembelajaran berbasis video, yang mana video itu nantinya akan bisa di bagikan ke siswa melalui wa group dan bila perlu akan saya upload ke “youtobe”. Sehingga akan lebih mudah di akses kapan pun dan di mana pun. Siswa tidak perlu lagi menunggu kapan akan menerima pembelajaran di sekolah. Siswa cukup membuka media elektronik berupa hp maupu laptop dan tersambung ke internet. Siswa akan lebih mudah menerima pembelajaran kappa pun waktu yang mereka inginkan. Sehingga proses pembelajaran seperti ini akan lebih bermakna bagi siswa.


Post a Comment

0 Comments