PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DALAM MEMBANGUN PENGETAHUAN TANPA BATAS

 

Tri Hastuti Mustikasari, S.Pd.
Kelas Tinggi (4A)

Kualitas Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu bergerak maju sesuai dengan perkembangan zaman, dari tahun ke tahun manusia mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala penemuannya, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Penggunaan alat teknologi antara lain komputer, laptop, netbook bahkan smartphone yang semakin  umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dunia saat ini, dan perkembangan jaringan internet menghubungkan manusia agar tetap dapat berkomunikasi lancar tanpa terhalang jarak, Perkembangan pendidikan pun berkembang linier sejalan dengan perkembangan teknologi yang pesat. Pembelajaran konvensional beralih menjadi pembelajaran digital, Menurut Williams (1999), pembelajaran era digital dapat dirumuskan sebagai ‘a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources’. Pengertian pembelajaran digital yang yang dimaksud adalah memanfaatkan seperangkat komputer dan jaringan internet yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data, baik berupa teks, pesan, grafis, video maupun audio sehingga pemanfaatan teknologi dan jaringan internet memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Tahun 2019, Infeksi Coronavirus disease (COVID 19) sangat cepat menyebar dan menularkan antar manusia secara langsung, sehingga menjadi salah satu tahun menuntut manusia untuk terbiasa memanfaatkan alat komunikasi dan teknologi secara maksimal. Keterbatasan komunikasi juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran di Sekolah. Sebelumnya pembelajaran dilaksanakan secara offline (tatap muka) menjadi pembelajaran online (dalam jaringan). Perubahan era pembelajaran pada masa pandemi memulai transformasi pembiasaan dari pembelajaran konvensional biasa menjadi pembelajaran modern yang memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan pembelajarannya. Pemanfaatan teknologi dan jaringan internet menunjang pembelajaran modern era digitalisasi dalam proses kegatan belajar mengajar. Meski terhalang jarak namun pembelajaran harus tetap dapat berjalan agar pengetahuan sebelumnya tidak hilang begitu saja. Guru berupaya mencari cara untuk menyampaikan pembelajaran dan pengetahuan dengan segala keterbatasan yang ada. Pembelajaran era digital kini menjadi sangat penting bagi guru memanfaatkan jaringan internet dalam menemukan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang berbeda. 

Dua tahun lebih sudah pandemi berlangsung dan keadaan berangsur membaik seiring menurunnya kasus penularan covid19. Pembelajaran sudah mulai berangsur normal dan pembelajaran sudah mulai diizinkan untuk pertemuan tatap muka meskipun masih terbatas. Pembiasaan pembelajaran era digital masih terbawa dalam pembelajaran tatap muka, Guru masih dapat menggunakan informasi dari internet sebagai media penunjang untuk mempermudah guru saat menjelaskan materi yang sulit dipahami oleh siswa. Sebagaimana yang kita tahu bahwa siswa usia sekolah dasar masih belum memiliki kematangan dalam berlogika dan bernalar. Mereka hanya menungkapkan apa yang mereka tahu, menceritakan kejadian yang mereka alami dan menilai sesuai benda konkret yang pernah mereka temui di sekitar lingkungannya. Anak belum dapat menilai benda abstrak dan kejadian yang belum mereka rasakannya. Sedangkan materi pembelajaran tematik sangat luas cangkupannya. Di era digital saat ini dapat mempermudah guru dalam mengakses pengetahuan yang belum terjangkau oleh siswa dan menyampaikannya di dalam kelas,

Kebutuhan manusia saat ini tidak hanya sandang dan pangan, namun pendidikan tinggi dan berkualitas. Pendidikan berkualitas mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di masa depan, Pengembangan pembelajaran  di era digitalisasi tidak menjadikan buku pelajaran sebagai satu satunya sumber belajar yang dapat digunakan. Pembelajaran di era digital sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi, internet, aplikasi dan media sosial. Sehingga pembelajaran dapat dilakukan tanpa batas. Guru dapat mengintegrasikan informasi yang ada dengan materi pembelajaran melalui gadget dan akses internet. Sehingga pengetahuan siswa tidak hanya terbatas membaca buku namun mereka dapat menemukan hal lain yang lebih luas dari berbagai belahan dunia. Guru dapat mengaktualisasikan perkembangan informasi menjadi lebih update dan lebih nyata kepada siswa melalui video yang diakses via youtube dan menjelaskan kembali lebih rinci kepada siswa, kemudian siswa dapat mengambil kesimpulan dan mengaplikasikan dalam kehidupannya. Pembelajaran di era digital juga memberikan dampak terhadap semangat siswa dalam belajar, hal ini dapat dilihat antusiasme siswa dalam menyimak video yang ditampilkan dalam layar Hp atau laptop.

Jaringan internet yang lancar dan fasilitas teknologi yang lengkap mempengaruhi kemudahan guru dalam pembelajaran era digital, Rasa penasaran siswa akan terbayarkan ketika pengetahuan itu dapat secara langsung dilihat oleh mereka, video pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajarinya dan aplikasi pembelajaran yang tepat diharapkan dapat mampu membangkitkan semangat literasi di era digital. Akses internet yang murah dan lancar menjadi unsur yang menunjang kegiatan pembelajaran era digital agar berjalan dengan lancar, Untuk saat ini akses internet wifi sekolah belum dapat terjangkau secara penuh disetiap ruang kelas. Ruang kelas yang besar dan jumlah siswa yang banyak sehingga batas keterjangkauan pandangan siswa terhadap layar Hp dan Laptop sehingga diperlukan layar yang lebih besar untuk menampilkan video secara keseluruhan. Guru belum sepenuhnya dapat menguasai aplikasi modern yang memungkinkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan tidak hanya menonton video pembelajaran namun dapat pula membuat permainan (game) yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika.

Pembelajaran era digital selayaknya menjadikan pembelajaran menjadi tanpa batas dan meningkatkan kualitas pendidikan. Digitalisasi dalam segala aspek mampu mengubah paradigma belajar yang kaku terpaku pada buku menjadi paradigma merdeka belajar yang dapat memaksimalkan teknologi dan jaringan internet untuk menemukan segala informasi dalam waktu singkat dan cangkupan pengetahuan yang sangat luas. Fasilitas yang lengkap dan suasana belajar yang ideal membuat kegaiatan belajar di kelas menjadi lebih kondusif. Sarana prasana pendukung harus memadai dan menjangkau untuk setiap kelas. serta semangat guru untuk terus belajar dalam menggunakan aplikasi diharapkan menjadikan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, WA, Telegram, Instagram bahkan Tik tok menjadi media komunikasi guru berbagai daerah untuk saling berbagi pengalaman mengajar dan bertukar informasi yang berkaitan dengan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran di era digital juga tidak hanya mengharapkan peran guru sebagai pendidik, namun dapat pula dilakukan oleh semua kalangan. Dinas pendidikan  dan tokoh masyarakat dapat membagikan pengalamannya di laman sosial media yang dimilikinya, para content creator dapat pula menyampaikan pengetahuannya melalui akun youtube nya. Masyarakat umum juga dapat ikut serta dalam pengembangan pembelajaran era digital. Selama memberikan hal positif dan bermanfaat dalam kehidupan manusia, belajar biasa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tanpa memberikan batasan. Saat ini jarak tidak menjadi alasan untuk terus berkembang dan memanfaatkan potensi yang ada. Sehingga peran orang tua siswa juga memberikan peranan besar dalam pelaksanaan pembelajaran digital di rumah dan membantu mengotrol pengaruh negatif dari penggunaan gadget pada siswa 

Sebagai pendidik, guru berkontibusi besar dalam keberlangsungan pembelajaran digital di sekolah, menjadi guru informatif adalah guru yang haus informasi, selalu mencari informasi dan fenomena terkini yang dapat menambah wawasan guru. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran berbasis digital, guru yang inovatif sebaiknya selalu mengembangkan kemampuan menguasai teknologi dan meng-upgrade kemampuannya dalam segala bidang dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan online dan offline. Guru yang kreatif adalah guru tak berhenti belajar menggunakan aplikasi yang dapat mempermudah dalam membuat video pembelajaran dan menemukan aplikasi terbaru yang dapat dimanfaatkan dalam menunjang kegiatan pembelajaran digital. Meskipun pembelajaran dengan gempuran kemajuan  teknologi dan informasi secara digital, guru juga berkontribusi aktif dalam mendidik siswa menjadi manusia yang berakhlak dan bermartabat.










Post a Comment

0 Comments