MENJADI GURU INOVATIF DI ERA DIGITALISASI

 



Dwi Zulaikha, S.Pd.
Kelas Tinggi (VA)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini semakin cepat berkembang berbeda dengan masa lalu yang menggunakan media pembelajaran konvensional yang sistemnya guru menjadi subjek pembelajaran sedangkan siswa menjadi objek pelajar. Pada saat ini guru tidak harus memberikan pembelajaran secara langsung di kelas atau penjelaskan secara detail materi yang diajarkan pada siswa, pembelajaran pada saat ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan teknologi digital, untuk itu dalam perkembangan teknologi saat ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam menyelesaikan masalah tugasnya dengan cepat dan praktis. Perkembangan teknologi digital serta penggunaan internet sebagai teknik baru pengajaran, telah membuat perubahan pendidikan secara menyeluruh (Wang et al. 2007) teknologi dalam pendidikan berperan dalam memberikan kemudahan bagi guru maupun peserta didik untuk mempermudah proses pembelajaran terlebih lagi untuk para peserta didik yang kesulitan dalam memahami pelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran digital dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang dilalui melalui network (jaringan komputer), yang biasanya lewat internet atau intranet. Dengan adanya fasilitas internet, pembelajaran digital tidak terus menerus bergantung pada pengajar, karena akses informasi lebih luas dan lengkap, sehingga pembelajar dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran digital merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi pembelajar agar mampu belajar dengan lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Materi pembelajaran yang dipelajari lebih bervariasi, tidak hanya dalam bentuk verbal, melainkan lebih bervariasi seperti teks, visual, audio, dan gerak.

Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini bisa kita terapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Pembelajaran era digital ini sangat penting sekali, karena ada beberapa manfaat yang dirasakan dari  penggunaan teknologi yaitu: (1) menambah informasi, artinya pengunaan teknologi sebagai sarana pendukung bagi siswa dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas, selain menggunakan sumber dari buku dan media cetak. (2) meningkatkan kemampuan belajar, hal ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan dan di bawah pengawasan guru. (3) memudahkan akses belajar, misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpukan tugas tersebut. (4) materi lebih menarik, penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton, karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern. (5) meningkatkan minat belajar, artinya informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap serta akses yang mudah didapatkan dapat membuat siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran.

Salah satu dampak positif dari pembelajaran digital adalah memicu percepatan transpormasi pendidikan, pembelajaran lebih fleksibel dimanapun dan kapanpun. Sedangkan dampak negatifnya adalah belum siapnya SDM dan perangkat ketika menerapkan pembelajaran digital. Guru sebagai fasilitator penyelenggaraan kegiatan pembelajaran memiliki kebebasan untuk merancang desain pembelajaran yang akan diterapkan diruang kelas masing-masing baik ruang dalam arti fisik maupun maya. Peran guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran harus mampu merekayasa pengalaman belajar siswa yang menarik, bervariasi, berulang, dan meningkat. Sebagai contoh adalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang iklan. Guru memberikan video tentang berbagai macam cotoh iklan yang diambil dari internet, kemudian siswa diminta untuk mengamati video dari iklan tersebut. Guru memberikan siswa tugas untuk membuat video iklan yang mana nanti siswa yang menjadi model dari produk iklan tersebut, setelah itu video dikirim ke guru yang bersangkutan. Berdasarkan contoh tersebut, guru telah melakukan pembelajaran digital, yang mana ini hanyalah contoh sebagian kecil dari penerapan pembelajaran digital di dalam kelas.

Peran penting teknologi digital memang semakin dirasakan di kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali bidang pendidikan, teknologi digital membuat aktivitas pendidikan semakin dimudahkan dengan bantuan teknologi digital. Dengan kata lain, teknologi digital dapat bertindak sebagai one stop solution untuk kebutuhan pendidikan. Untuk menjadikan kelas yang inovatif pada era digital ini tentulah tidak lepas dari sarana dan prasarana pendukung yang digunakan. Sarana dan prasarana tersebut antara lain adalah komputer, laptop, dan LCD proyektor dan koneksi internet. Koneksi internet sangat besar sekali pengaruhnya, karena tanpa koneksi internet kita tidak bisa mengakses materi pembelajaran. Selain koneksi internet, LCD proyektor merupakan salah satu kebutuhan yang harus ada disetiap kelas. Dengan adanya LCD proyektor, maka akan memudahkan guru dalam mengajarkan materi pelajaran. Media ini menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien, tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai, peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan, situasi kelas menjadi kondusif karena perhatian siswa tertuju pada materi yang ditampilkan dilayar proyektor, serta antusias belajar siswa menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan ceramah. Materi yang menarik dengan desain sedemikian rupa yang ditampilkan melalui LCD proyektor membuat suasana kelas ketika belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan karena peserta didik diera digital ini lebih menyukai pembelajaran yang didalamnya mengandung media audio visual.

Harapan terbesar dari pembelajaran digital adalah menjadi guru yang inovatif, yaitu mampu menggunakan model pembelajaran yang tidak membosankan dan bisa menciptakan hal-hal yang baru dalam proses belajar-mengajar. Serta mampu untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui inovasi pembelajaran, seperti alat peraga, model pembelajaran inovatif, dan metode atau strategi mengajar yang efektif. Misal, memanfaatkan LCD atau belajar di luar kelas (menggunakan metode variatif) sehingga para peserta didik lebih senang dan bersemangat dalam belajar. Melalui penerapan model pembelajaran yang inovatif ataupun penggunaan alat-alat peraga yang bervariasi, suasana belajar akan lebih bersifat student-centered.

Strategi pembelajaran merupakan hal penting dalam proses belajar mengajar. Pendidik yang tidak memiliki strategi pembelajaran akan kesulitan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga anak didik tidak akan mendapatkan materi pembelajaran dengan baik. Salah satu strategi untuk meningkatkatkan budaya pembelajaran diera digital adalah strategi pembelajaran blended learning. Strategi pembelajaran blended learning menggunakan dua pendekatan yaitu secara online dan tatap muka. Kegiatan ini dapat dilakukan secara fleksibel, yaitu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Menurut Heinze and Procter, 2006. Blended Learning adalah percampuran atau kombinasi pembelajaran antara tatap muka secara langsung dan online secara harmonis dan ideal. Strategi pembelajaran ini selain meningkatkan kemampuan kognitif juga motorik dan menjaga psikolog pendidik dan peserta didik.

Pada era sekarang, guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif. Guru yang lebih banyak berperan sebagai fasilitator harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Guru juga dituntut menjadi inspirasi para siswa dalam menerapkan algoritma berpikir dalam pengembangan diri manusia. Sebagai seorang guru maka kontribusi yang ingin diberikan dalam meningkatkan budaya pembelajaran di era digital adalah dengan menjadi guru yang kreatif dan inovatif, serta dapat membuat peserta didik lebih bersemangat dan termotivasi dalam melakukan inovasi dalam belajar.













Post a Comment

0 Comments