PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DI ERA DIGITAL

 



Indah Lestari, S.Pd
Kelas Rendah (IIIA)   

      Pembelajaran di era digital merupakan pembelajaran dengan menggunakan alat / media digital yang lebih mudah dalam memberikan materi pembelajaran dan dapat dilaksanakan dari jarak jauh begitu juga dengan siswa dapat mengakses materi dari media yang digunakan selain dari buku pelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Saat ini dengan semangkin berkembangnya zaman maka pembelajaran juga ikut berkembang pesat artinya sistem belajar mengajar juga ikut mengalami perkembangan dan perubahan dalam berbagai bidang.Seperti yang terjadi diera digital sekarang ini, dimana  materi pembelajaran dan berbagai sumber pengetahuan dapat diperoleh dengan mudah melalui jaringan internet. Sekarang ini,pembelajaran dengan menggunakan alat / media digital lebih banyak membantu atau mempermudah guru dalam menyampaikan materi.Menurut Abdul Barir Hakim ( 2016 : 2 ) mendefenisikan : 

“E-Learning adalah pengajaran dan pembelajaran yang didukung dan dikembangkan melalui teknologi  dan media digital,dan juga merupakan salah satu bentuk dari bentuk dari konsep distance learning atau belajar jarak jauh”.

    Di era digital sekarang ini guru harus mampu menggunakan alat / media pembelajaran yang digunakan untuk melakukan pembaharuan terhadap sistem belajar baik metode,media,serta materi yang nantinya dapat berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatnya teknologi di era digital pada dunia pendidikan sebagai fasilitas lebih dan serba canggih untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan.Pembelajaran dengan menggunakan alat / media digital sangat penting saat ini,bukan hanya saat guru menyampaikan materi tapi juga siswa dapat menggunakan media untuk mencari pendalaman materi yang diberikan guru.Inovasi pembelajaran dapat dilakukan semua pendidik agar dapat meningkatkan minat belajar siswa.Penggunaaan teknologi dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga dapat terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran. Dengan meningkatnya minat belajar siswa maka hasil belajar siswa akan mengikuti dengan baik juga. Pentingnya integritas teknologi digital dan manfaatnya pada aktivitas pendidikan kini dapat terlihat dari kebutuhan disektor pendidikan saat ini.Peran penting teknologi digital dapat dirasakan dikehidupan sehari – hari,teknologi digital membuat aktivitas pendidikan semangkin lebih mudah. Dalam pembelajaran digital yang diampu oleh guru haruslah terlebih dahulu mempertimbangkan keadaan siswa saat ini.

    Dikelas yang saya ampu sekarang ini memang sangat memerlukan alat / media digital untuk kelancaran penyampaian materi pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah menerima materi yang telah disampaikan. Dengan ini,alat / media digital sangatlah penting dalam peroses belajar mengajar dikelas karena akan mepermudah guru dan siswa baik berupa penyampaian informasi,meningkatkan kemampuan belajar,memudahkan akses belajar,materi lebih menarik serta meningkatkan belajar siswa.

       Kondisi pembelajaran dikelas masih terfokus pada alat / media yang ada karena tidak semua siswa mampu dan bisa menggunakan alat / media digital. Guru harus bisa mengimbangi siswa yang sudah bisa menggunakan alat / media digital. Dikelas guru yang akan mengarahkan agar siswa lebih fokus pada  pembelajaran yang dilaksanakan serta siswa lebih mudah dalam memahami setiap materi yang disampaikan. Untuk membuat agar siswa bisa mengerti,salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengaitkan konsep yang abstrak dengan contoh kegiatan sehari – hari yang dekat dengan siswa. Pembelajaran saat ini masih kurang dalam penggunaan digital karena keterbatasan alat / media yang digunakan. Saat pembelajaran berlangsung guru harus bisa menarik belajar siswa dengan gambar – gambar yang dapat membuat siswa lebih terfokus pada materi pembelajaran. Dengan menggunakan buku - buku dan alat / media yang tersedia dikelas guru harus mampu membuat siswa lebih tertarik denga pelajaran yang disampaikan. 

     Kebutuhan akan alat / media untuk kelancaran belajar mengajar masih belum terpenuhi semua karena keterbatasan persediaan yang belum terpenuhi semuanya. Oleh karena itu guru harus mampu membuat kelas terciptanya kekompakkan siswa untuk membuat kelas lebih menyenangkan dengan alat / media yang ada. Dengan keterbatasan alat / media yang tersedia sebagai guru yang mengampu kelas agar guru dan siswa dapat menciptakan kelas yang lebih menyenangkan agar pembelajaran dapat berjalan lebih aktif. Pembelajaran dilaksanakan dengan disesuaikannya kebutuhan siswa dari bahan ajar,LKS,latihan soal dalam bentuk games dan evaluasi. Materi yang akan disampaikan diperjelas dengan teka teki yang dibuat agar siswa terfokus dengan jawaban yang akan disampaikan. Untuk membuat kelas yang lebih inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran sangat diperlukan alat / media pendukung yang cukup dan lengkap  disetiap kelas agek setiap proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

       Untuk kelas yang di ampu sekarang ini memang masih jauh dari harapan yang akan dicapai karena terbatasnya persediaan dari alat / media yang akan digunakan. Dengan adanya alat / media digital yang digunakan,diharapkan pembelajaran dikelas lebih terarah dan lebih menyenangkan. Siswa dapat belajar dengan lebih terfokus dalam menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu diharapkan setiap guru mampu menggunakan alat / media digital walaupun belum sepenuhnya dapat menggunakannya. Dengan kemampuan yang ada dalam menggunakan alat / media digital akan mempermudah. Melihat dari kondisi keadaan kelas yang masih kurang dalam penggunaan  alat / media diharapkan guru dan siswa sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan akan alat / media yang belum terpenuhi. Di harapkan juga dukungan dari orangtua siswa,karena dengan adanya kerja sama dan komunikasi yang baik antara guru,siswa dan orang tua  akan lebih mempermudah dalam menagani setiap kekurangan dan permasalahan yang ada dikelas. Untuk kedepannya diharapkan semua guru dapat menggunakan setiap alat / media yang akan mendukung setiap pembelajaran dan kelancaran dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.

       Sebagai pendidik peran guru bukan hanya saja memberikan ilmu pendidikan umum kepada siswa tetapi akan lebih baiknya kita juga memberikan pembelajaran serta pembiasaan tata krama bersikap dalam bersosialisasi. Dalam pembelajaran digital seorang guru juga harus mampu menyeimbangkan antara pembelajaran secara digital serta bisa membiasakan budaya bertata krama dan bersikap. Untuk meningkatkan pembelajaran budaya di era digital sangat diperlukan peran penting antara guru,siswa,orang tua dan orang – orang yang ada dilingkungan sekitar siswa itu sendiri. Dukungan dan kerja sama yang baik akan lebih mempermudah siswa dalam pembelajaran pembiasaan diri di era digital yang canggih sekarang ini.

       Lingkungan fisik,sosial, dan afektif berkaitan erat dengan lingkungan akademis. Ini dapat dilihat dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat / media digital.Strategi guru harus bisa memberikan pengertian akan pentingnya pembelajaran di era digital dan perlu juga dukungan lebih dari semua siswa. Diperlukan juga dukungan dari lingkungan yang terkait dalam persediaan alat / media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.  Peran guru dalam pembelajaran sangat besar,oleh karena itu guru harus memiliki inisiatif yang tinggi dalam  mengarahkan dan menilai pendidikan. Di era yang serba digital guru diharapkan mampu menyesuaikan cara mengajar dengan kebutuhan pendidikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

            Mengajar agar siswa bisa melakukan pembelajaran aktif,kreatif, dan menyenangkan dengan mengajak siswa untuk berperan aktif dengan memberi tahu apa manfaat yang bisa didapatkan ketika menerepkan ilmu – ilmu tersebut baik itu manfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Begitu juga dengan kreativitas,guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih berfikir kreatif untuk materi pembelajaran yang disampaikan.

Post a Comment

0 Comments