Jena Sentiana, S. Pd.
Kelas Rendah (IIC)
Pembelajaran
digital merupakan proses atau aktivitas
dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan peranan internet atau
teknologi digital baik itu dalam hal persiapan,pelaksanaan,penilaian
pembelajaran,yang dilaksanakan oleh guru,peserta didik dan orang tua peserta
didik. Pembelajaran
digital pada hakekatnya adalah pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan
teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar ,dan seiring
juga di sebut sebagai Tehnology Enhanced
Learning (TEL)atau
e-Learning.
Menjelajahi penggunaan tehnologi digital memberi peserta didik kesempatan untuk merancang kesempatan belajar yang lebih menarik dalam pembelajaran yang mereka dapatkan,dimana rancangan pembelajarannya dapat dikombinasikan dengan tatap muka atau bisa juga dengan sepenuhnya secara online pada waktu pandemi covid 19 yang melanda beberapa tahun lalu.Penggunaan teknologi digital juga terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selamamengikuti pelajaran yang kita sampaikan.seperti dibeberapa sekolah di singkawang yang masih belum menggunakan teknologi dalam Pembelajaran.
Adapun manfaat pembelajaran digital bagi peserta
didik antara lain;
- Menambah informasi
- Meningkatkan kemampuan belajar peserta didik
- Memudahkan akses belajar
- Materi lebih menarik
- Meningkatkan minat belajar peserta didik
Adapun manfaat
pembelajaran digital bagi pendidik atau guru antara lain;
- Mempermudah guru dalam menyampaikan materi
- Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar
- Membantu peserta didik bekerja melalui konsep yang sulit
- Tidak terbatasktu
- Tersedianya akses informasi yang luas
- Proses belajar menjadi lebih menarik dan sebagainya
Dengan
demikian sangatlah penting pembelajaran digital harus di terapkan atau
diimplementasikan di kelas IIC SDN 23
Singkawang ini. Kondisi pembelajaran dengan menggunakan media digital di kelas II C biasa saya
terapkan dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa video pembelajaran
yang sesuai dengan tema atau
pelajaran.pada waktu pandemi COVID 19 saya memberikan pembelajaran daring
dengan peserta didik biasanya menggunakan video pembelajaran dari yotube,video
pembelajaran dengan aplikasi kine master,whatsapp,dan lain sebagainya.
Setelah
dilaksanakan tatap muka kembali saya sebagai pendidik berusaha untuk tetap
menerapkan atau mengimplementasikan pembelajaran digital pada peserta didik
saya yang sebelumnya mereka tidak bersemangat dan kurang termotivasi dalam
mengikuti pembelajaran yang saya sampaikan walau hanya dalam seminggu 3 kali
mereka tetap anusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang saya berikan.
Dengan
demikian harapan besar kedepan untuk dapat disediakan setiap kelas
satu paket TV LCD ,in focus,speker dan
jaringan internet yang lancar dan di pasang secara permanen tanpa
bergantian.dan khusus satu kelas punya masing masing perangkat tersebut.
Pada
waktu covid 19 kita sebagai pendidik tidak bisa hanya berdiam diri untuk
melalukan proses pembelajaran kita harus dapat beradaptasi menyesuaikan dengan
peradaban baru yang begitu dahsyat. Teknologi digital yang hadir di muka bumi untuk
memberikan kemudahan dalam segala hal.kita saat ini suka tidak suka harus
menerima kenyataan,dan kita tidak bisa menghindar dengan adanya perubahan yang
merubah dan sistem dalam pengajaran dengan menggunakan teknologi online yaitu
berupa aplikasi zoom virtual yang digunakan untuk kepentingan pengajaran dan di
manfaatkan untuk upaya tetap eksis dalam beraktifitas bertatap muka tanpa kita
harus bertemu secara langsung dan tidak saling bersentuhan dalam hal ini proses
pengajaran dikelas tetap dilaksanakan walau hanya dengan menggunakan pertemuan
secara virtual meeting.
Akan
tetapi sangat di sayangkan pembelajaran diera digital di kelas IIc
Masih jauh dari
harapan karena ada beberapa kendala yang datangnya dari peserta didik yang
masih belum memiliki HP android atau Laptop yang dapat membantu proses
pembelajaran dan ekonomi yang masih diatasa rata -rata untuk pembelian paket
internet sehingga apa yang kita sampaikan
tentang pembelajaran dan berikan melalui wa group selalu saja
ketinggalan dan tidak diselesaikan atau
kerjakan.
Harapan
saya akan pembelajaran digital di khusunya SDN 23 Singkawang adalah seluruh
pendidik mau belajar dan jangan mudah menyerah untuk terus belajar dengan
kemajuan tegnologi digital dan peranan
seorang guru juga kan lebih komplek, Dimana seorang
guru tidak hanya diminta untuk mengajarkan sebuah materi pembelajaran namun
juga menjadi seorang fasilitator bagi muridnya.oleh karena itu guru harus mampu
menjadi pribadi yang terus mengikuti perkembangan zaman.mampu memainkan
berbagai peran sebagai pembawa perubahan yang positif,memilikimkepekaan sosial
untuk lingkungan sekitar,berpikir secara rasional,dan tentunya juga sebagai
konsultan Pendidikan yang menjunjung tinggi nilai dan moral kejujuran.Dalam era
digital dibutuhkan guru yang mampu mengikuti perkembangan zaman,dapat memainkan
peran sebagai pembawa perubahan ,sekaligus konsultan pembelajaran.
Sedangkan harapan untuk peserta didik dalam
pembelajaran digital yaitu selalu
bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajar berbasis digital dan
dapat menggunakan nya kearah yang positif dan mendapat pantuan dari orang tua
atau pendidik dalam menggunakan media digital .selain itu harapan yang
diinginkan peserta didik selalu mencari
nformasi melalui internet untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Mencari
vidieo tantang pembelajaran,selain itu dengan media digital untuk kondisi tertentu selain di sekolah
,anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja dia mau.
Kondisi ideal pembelajaran digital yang saya inginkan
adalah missal pada saat covid 19 saya menggunakan pembelajaran daring(belajar
dari rumah )media yang saya gunakan untuk memberikan pembelajaran dengan
mengunggah terlebih dahulu materi pembelajaran di internet atau di media sosial
guru berupa referensi bacaan atau video pembelajaran. Memberikan selalu
memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam belajar walaupun
melalui pembelajaran jarak jauh.sesekali berikan reward bisa berupa poin nilai
tambahan,selalu berkomunikasi dengan orang tua murid untuk mengetahui kendala
yang dihadapi siswa selama melakukan pembelajaran di rumah .karena pembelajaran
online berorentasi pada siswa dan siswa diharapkan untuk kreatif dalam membuat
tugas yang bersifat tugas yang mengutamakan untuk mendorong siswa lebih banyak
mengalami(berbuat atau mengamati).
Beberapa poin diatas adalah merupakan cara yang dapat dilakukan guru dalam menerapakan pembelajaran yang ideal jika pembelajaran jarak jauh.dan jika kebijakan pemerintah mengatakan pembelajaran dapat di lakukan di sekolah dan menerapkan standar protocol covid 19 ,para guru juga tetap harus menguasai dan menggunakan pembelajaran digital agar pembelajaran blended learning dapat tetap dilakukan .karena tidak dapat dipungkiri kita berada diera digital dimana semua dituntut untuk mampu menguasai teknologiSelain guru,sekolah harus mempersiapkan infrastruktur yang sesuaiuntuk pembelajaran online,bisa menyiapkan aplikasi pembelajaran dengan media yang memadai.
Kemajuan perkembangan teknologi memberikan kontribusi yang baik terhadap Pendidikan.adanya teknologi digital menjadi salah satu media elektronik dengan membentuk paradigma baru dalam proses belajar dan pengelolaan aorganisasi Pendidikan.penggunaan teknologi digital didalam Pendidikan tergambar pada perubahan model pembelajaran,seperti semakin tumbuhnya Pendidikan jarak jauh (distance learning).misalnya proses pembelajaran yang menyebabkan pendidik dan peserta didik tidak perlu berada di tempat yang sama ,tetapi proses pembelajaran tetap berlangsung secara daring.selain itu semakin banyak pilihan sumber belajar yang tersedia,seperti buku buku elektronik (e-book) dan mudah mengakses aplikasi -aplikasi digital.
0 Comments