IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIGITAL DI KELAS IIC SDN 23 SINGKAWANG



Jena Sentiana, S. Pd.
Kelas Rendah (IIC)  

Pembelajaran digital merupakan proses atau aktivitas  dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan peranan internet atau teknologi digital baik itu dalam hal persiapan,pelaksanaan,penilaian pembelajaran,yang dilaksanakan oleh guru,peserta didik dan orang tua peserta didik. Pembelajaran digital pada hakekatnya adalah pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar ,dan seiring juga di sebut sebagai Tehnology  Enhanced Learning (TEL)atau e-Learning.

Menjelajahi penggunaan tehnologi digital memberi peserta didik kesempatan untuk merancang kesempatan belajar yang lebih menarik dalam pembelajaran yang mereka dapatkan,dimana rancangan pembelajarannya dapat dikombinasikan dengan tatap muka atau bisa juga dengan sepenuhnya secara online pada waktu pandemi covid 19 yang melanda beberapa tahun lalu.Penggunaan teknologi digital juga terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selamamengikuti pelajaran yang kita sampaikan.seperti dibeberapa sekolah di  singkawang yang masih belum menggunakan teknologi dalam Pembelajaran. 

Adapun manfaat pembelajaran digital bagi peserta didik  antara lain;

  • Menambah informasi
  • Meningkatkan kemampuan belajar peserta didik
  • Memudahkan akses belajar
  • Materi lebih menarik
  • Meningkatkan minat belajar peserta didik

Adapun manfaat pembelajaran digital bagi pendidik atau guru antara lain;

  • Mempermudah guru dalam menyampaikan materi
  • Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar
  • Membantu peserta didik bekerja melalui konsep yang sulit
  • Tidak terbatasktu
  • Tersedianya akses informasi yang luas
  • Proses belajar menjadi lebih menarik dan sebagainya

Dengan demikian sangatlah penting pembelajaran digital harus di terapkan atau diimplementasikan di kelas IIC  SDN 23 Singkawang ini. Kondisi pembelajaran dengan menggunakan  media digital di kelas II C biasa saya terapkan dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa video pembelajaran yang  sesuai dengan tema atau pelajaran.pada waktu pandemi COVID 19 saya memberikan pembelajaran daring dengan peserta didik biasanya menggunakan video pembelajaran dari yotube,video pembelajaran dengan aplikasi kine master,whatsapp,dan lain sebagainya.

Setelah dilaksanakan tatap muka kembali saya sebagai pendidik berusaha untuk tetap menerapkan atau mengimplementasikan pembelajaran digital pada peserta didik saya yang sebelumnya mereka tidak bersemangat dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang saya sampaikan walau hanya dalam seminggu 3 kali mereka tetap anusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang saya berikan.

Dengan demikian  harapan besar  kedepan untuk dapat disediakan setiap kelas satu paket TV LCD ,in focus,speker  dan jaringan internet yang lancar dan di pasang secara permanen tanpa bergantian.dan khusus satu kelas punya masing masing perangkat tersebut.

Pada waktu covid 19 kita sebagai pendidik tidak bisa hanya berdiam diri untuk melalukan proses pembelajaran kita harus dapat beradaptasi menyesuaikan dengan peradaban baru yang begitu dahsyat. Teknologi digital yang hadir di muka bumi untuk memberikan kemudahan dalam segala hal.kita saat ini suka tidak suka harus menerima kenyataan,dan kita tidak bisa menghindar dengan adanya perubahan yang merubah dan sistem dalam pengajaran dengan menggunakan teknologi online yaitu berupa aplikasi zoom virtual yang digunakan untuk kepentingan pengajaran dan di manfaatkan untuk upaya tetap eksis dalam beraktifitas bertatap muka tanpa kita harus bertemu secara langsung dan tidak saling bersentuhan dalam hal ini proses pengajaran dikelas tetap dilaksanakan walau hanya dengan menggunakan pertemuan secara virtual meeting.

Akan tetapi sangat di sayangkan pembelajaran diera digital di kelas IIc

Masih jauh dari harapan karena ada beberapa kendala yang datangnya dari peserta didik yang masih belum memiliki HP android atau Laptop yang dapat membantu proses pembelajaran dan ekonomi yang masih diatasa rata -rata untuk pembelian paket internet sehingga apa yang kita sampaikan  tentang pembelajaran dan berikan melalui wa group selalu saja ketinggalan dan tidak diselesaikan  atau kerjakan.

Harapan saya akan pembelajaran digital di khusunya SDN 23 Singkawang adalah seluruh pendidik mau belajar dan jangan mudah menyerah untuk terus belajar dengan kemajuan tegnologi digital  dan peranan seorang guru juga kan lebih komplek, Dimana seorang guru tidak hanya diminta untuk mengajarkan sebuah materi pembelajaran namun juga menjadi seorang fasilitator bagi muridnya.oleh karena itu guru harus mampu menjadi pribadi yang terus mengikuti perkembangan zaman.mampu memainkan berbagai peran sebagai pembawa perubahan yang positif,memilikimkepekaan sosial untuk lingkungan sekitar,berpikir secara rasional,dan tentunya juga sebagai konsultan Pendidikan yang menjunjung tinggi nilai dan moral kejujuran.Dalam era digital dibutuhkan guru yang mampu mengikuti perkembangan zaman,dapat memainkan peran sebagai pembawa perubahan ,sekaligus konsultan pembelajaran.

Sedangkan harapan untuk peserta didik dalam pembelajaran  digital yaitu selalu bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajar berbasis digital dan dapat menggunakan nya kearah yang positif dan mendapat pantuan dari orang tua atau pendidik dalam menggunakan media digital .selain itu harapan yang diinginkan  peserta didik selalu mencari nformasi melalui internet untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Mencari vidieo tantang pembelajaran,selain itu dengan media digital  untuk kondisi tertentu selain di sekolah ,anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja dia mau.

Kondisi ideal pembelajaran digital yang saya inginkan adalah missal pada saat covid 19 saya menggunakan pembelajaran daring(belajar dari rumah )media yang saya gunakan untuk memberikan pembelajaran dengan mengunggah terlebih dahulu materi pembelajaran di internet atau di media sosial guru berupa referensi bacaan atau video pembelajaran. Memberikan selalu memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam belajar walaupun melalui pembelajaran jarak jauh.sesekali berikan reward bisa berupa poin nilai tambahan,selalu berkomunikasi dengan orang tua murid untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa selama melakukan pembelajaran di rumah .karena pembelajaran online berorentasi pada siswa dan siswa diharapkan untuk kreatif dalam membuat tugas yang bersifat tugas yang mengutamakan untuk mendorong siswa lebih banyak mengalami(berbuat atau mengamati).

Beberapa poin diatas adalah merupakan cara yang dapat dilakukan guru dalam menerapakan pembelajaran yang ideal jika pembelajaran jarak jauh.dan jika kebijakan pemerintah mengatakan pembelajaran dapat di lakukan di sekolah dan menerapkan standar protocol covid 19 ,para guru juga  tetap harus menguasai dan menggunakan pembelajaran digital agar pembelajaran  blended learning dapat  tetap dilakukan .karena tidak dapat dipungkiri kita berada diera digital dimana semua dituntut untuk mampu menguasai teknologiSelain guru,sekolah harus mempersiapkan infrastruktur yang sesuaiuntuk pembelajaran online,bisa menyiapkan aplikasi pembelajaran dengan media yang memadai.

Kemajuan perkembangan teknologi memberikan kontribusi yang baik terhadap Pendidikan.adanya teknologi digital menjadi salah satu media elektronik dengan membentuk paradigma baru dalam proses belajar dan pengelolaan aorganisasi Pendidikan.penggunaan teknologi digital didalam Pendidikan tergambar pada perubahan model pembelajaran,seperti semakin tumbuhnya Pendidikan jarak jauh (distance learning).misalnya proses pembelajaran yang menyebabkan pendidik dan peserta didik tidak perlu berada di tempat yang sama ,tetapi proses pembelajaran tetap berlangsung secara daring.selain itu semakin banyak pilihan sumber belajar yang tersedia,seperti buku buku elektronik (e-book) dan mudah mengakses aplikasi -aplikasi digital.


Post a Comment

0 Comments