SINERGISITAS KOMUNITAS BELAJAR KOTA SINGKAWANG TAHUN 2023

News Time IGI Kota Singkawang

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan di mana guru mengidentifikasi kebutuhan belajar setiap peserta didik dan menyediakan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar, tingkat pemahaman dan minat mereka.

Contoh kelas yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi adalah guru menggunakan metode yang berbeda dalam pembelajaran sehingga siswa dapat menggunakan isi kurikulum.

Pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada siswa. Guru hanya mengembangkan pelajaran mereka berdasarkan tingkat pengetahuan, preferensi belajar, dan minat siswa.

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran berdiferensiasi ini ada tiga strategi yang dapat dipilh, yaitu diferensiasi konten,diferensiasi proses dan diferensiasi produk.

Komunitas belajar yang efektif mendukung pembelajaran berdiferensiasi adalah: Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik. Iklim ini bukan hanya dilihat dari sikap dan tindakan guru yang ramah dan menyabut murid tetapi juga sikap yang ditunjukkan antar murid

Konseptual tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Quizizz.  Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi pembelajaran yang dirancang sesuai kebutuhan peserta didik yang beragam. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan tingkat kesiapan, minat dan profil belajar peserta didik. Setidaknya terdapat tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk.

Quizizz merupakan platform pembelajaran digital berbasis gamifikasi yang dapat mendukung terlaksananya pembelajaran berdiferensiasi secara efektif, mulai pada tahap mengidentifikasi informasi tentang peserta didik, merancang hingga pada pelaksanaan pembelajaran dan asesmen. Dengan pembelajaran berdiferensiasi berbantukan Quizizz guru akan dapat meyakini bahwa semua peserta didik memperoleh peluang yang sama untuk mencapai kompetensi  dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.

Dengan fitur-fitur yang disediakan Quizizz, peserta didik akan dapat mengakomodir semua kebutuhan belajar peserta didik karena konten, proses dan produk yang dihasilkan bisa beragam sesuai keunikannya masing-masing. Olehnya itu, pembelajaran berdiferensiasi dengan Quizizz perlu dikembangkan dan diimplementasikan guru di sekolah-sekolah dalam rangka menuntun dan membantu peserta didik mencapai tujuan belajarnya.

SHARING AND GROWING TOGETHER

Berbagi dan Berkolaborasi

Kunci Kesuksesan Kita Bersama





Post a Comment

0 Comments