In House Training Percepatan Transformasi Digital Dalam Pembelajaran Abad 21


IHT MENYIAPKAN SDM TEACHER TRAINER
SDN 23 SINGKAWANG


Pembukaan IHT SDN 23 Singkawang oleh Kadisdikbud Kota Singkawang 
(H. Asmadi, S.Ps., M.Si) Bersama Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang (Helmi Fauzi, SH), Pengawas SDN 23 Singkawang (H. Thamrin, S.Pd., M.Pd) dan Kepala SDN 23 Singkawang (Rusita Widayati, S.Pd.SD)

Teacher Journalist by Alkindi

    Kondisi Pembelajaran diera digital dalam pembelajaran abad 21 di lingkungan sekolah atau kelas tidak terlepas dari  berbagai tantangan pendidikan abad 21 antara lain: (a) Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical-Thinking and Problem-Solving Skills), mampu berfikir secara kritis, lateral, dan sistemik, terutama dalam konteks pemecahan masalah;(b)Kemampuan berkomunikasi, bekerjasama (Communication and Collaboration Skills), mampu berkomunikasi, berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak;(c) Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical-Thinking and Problem-Solving Skills), mampu berfikir secara kritis, lateral, dan sistemik, terutama dalam konteks pemecahan masalah;(d) Kemampuan berkomunikasi dan saling bekerjasama (Communication and Collaboration Skills), mampu berkomunikasi dan saling berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak. Dari skil 4C yang menjadi dasar dalam pembelajaran abad 21 maka seorang guru harus lebih aktif, kreatif, inovatif, produktif dan menyenangkan, Kadisdikbud Kota Singkawang (H.Asmadi, S.Pd., M.Si).

Penyampaian Pesan-Pesan Pendidikan 
Kadisdikbud Kota Singkawang
(H.Asmadi, S.Pd., M.Si)


    Menurut H.Thamrin, S.Pd., M.Pd sebagai pengawas SDN 23 Singkawang dalam kata sambutannya terdapat beberapa poin yang strategi dan sangat penting antara lain:

1. SDN 23 Singkawang harus menjadi panutan bagi sekolah- sekolah yang lain di Kota Singkawang bukan hanya fisik akan tetapi juga proses pembelajaran yang harus semakin maju, kreatif, inovatif, produktif dan menyenangkan.

2. Program-program unggulan SDN 23 Singkawang dalam rencana jangka pendek, menengah dan panjang wajib di implementasikan dalam berbagai kegiatan peningkatan kompetensi guru dan berdampak pada peningkatan 8 Standar Nasional Pendidikan.

3.Kolaborasi dengan berbagai  organisasi guru, lembaga pendidikan, dan pihak -pihak terkait dapat menjalin kerjasama dalam memajukan SDM kepsek dan guru-guru SDN 23 Singkawang kedepannya.

      Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang (Helmi Fauzi, SH) menyampaikan pentingnya Artificial Intellegency dalam percepatan transformasi digital pembelajaran abad 21. Peran guru dalam pembelajaran abad 21 sangat penting meskipun ditengah banyaknya sumber belajar dan perkebanmgan teknologi. Peran guru dalam pembelajaran abad 21 adalah sebagai sumber belajar, fasitliator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator dan evaluator. Artinya bahwa guru memiliki peran ganda terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

    Kepala SDN 23 Singkawang (Rusita Widayati, S.Pd.SD) juga memaparkan Program Kerja Unggulan yang sudah di laksanakan setelah Peresmian SDN 23 Singkawangoleh Ibu Walikota Singkawang (Tjhai Chui Mie, SE.MH) antara lain:

Langkah Maju Unggulan yang sudah di buat di SDN 23 Singkawang:

1. Kelas bahasa, Ruang IT (Moving Class)

2. TLC, Teaching Learning Center, (Pusat Pembelajaran Mengajar)

3.Website Blog SDN 23 Singkawang

4. In House Training, Percepatan Transformasi Digital

5.Menyiapkan SDM Teacher Trainer 

6.Secepat membuat Perpustakaan Digital SDN 23 Singkawang, yang bisa di akses seluruh sekolah sekolah di Indonesia

Abad 21 benar-benar membutuhkan guru yang profilnya efektif, professional dan memesona yang cocok untuk menghadapi tantangan abad 21 sehingga mampu mempersiapkan dan memprediksi kebutuhan belajar peserta didik dalam menghadapi percepatan transformasi digital dalam pembelajaran abad 21. 

Sharing And Growing Together (berbagi dan tumbuh bersama)
Guru Aktif, Kreatif, Inovatif dan Produktif
Bergerak serentak, serentak bergerak 
Mewujudkan SDM Unggul
#PusdatinKemendikbudristek
#Merdekabelajar
#PembaTIK2022
#DutateknologiKemendikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTIK

 

Post a Comment

0 Comments